Pilihan Bahasa: Bahasa Indonesia | English

Profil Singkat Program Studi Perencanaan Wilayah dan Kota

Sesuai dengan visi dan misi Unikom, kurikulum yang ditawarkan di Prodi PWK tidak terlepas dari kompetensi ICT (Information and Communication Technology). Lulusannya diharapkan tidak hanya mampu dalam hal teknis perencanaan, tetapi juga dalam pemanfaatan ICT dan komputerisasi untuk analisis yang dikombinasikan dengan kemampuan presentasi dan berkomunikasi dengan masyarakat. Jadi, kurikulum secara umum memberi porsi yang sama untuk theory in planning dan theory of planning. Kemudian, untuk menciptakan tradisi ICT bagi mahasiswa, maka salah satu learning methode yang digunakan adalah kuliah on-line.

Kejelian pengelola institusi juga terlihat dengan dimasukkannya matakuliah Kewirausahaan dalam kurikulum. Pengalaman-pengalaman nyata, dapat diperoleh mahasiswa dari orang-orang yang berhasil di berbagai bidang. Sekali lagi, terbukti bahwa Unikom tidak tanggung-tanggung dalam berupaya menyiapkan lulusannya berkarya bagi bangsa ini. Keilmuan perencanaan wilayah dan kota ketika digabungkan dengan kemampuan ICT dan kewirausahaan merupakan suatu kombinasi kemampuan yang luar biasa sebagai bekal bagi lulusan untuk terjun ke dunia kerja.

Sebagai universitas yang mengusung komputer untuk basis utama citra dirinya, maka setiap program studi, termasuk Prodi PWK menggunakan internet dan intranet dalam penyelenggaraannya. Berbagai fasilitas yang memudahkan mahasiswa, orang tua, serta masyarakat lainnya dalam berkomunikasi dengan pihak Unikom dan program studi, juga menjadi salah satu daya tarik Unikom. Fasilitas yang ada di antaranya selain kuliah on-line adalah nilai on-line, berbagai berita terkini, dan sebagainya.

Dengan disahkannya revisi UU Penataan Ruang, legalisasi Rencana Tata Ruang Wilayah Nasional, adanya program pemerintah untuk pemberdayaan masyarakat, serta program-program lainnya, menjadikan Prodi PWK Unikom semakin mantap untuk turut berpartisipasi dalam domain publik yang sarat dengan konflik berbagai kepentingan tersebut. Serangkaian upaya yang telah dilaksanakan dan rencana pengembangan ke depan, serta komitmen pengelolanya menjadi tiket utama untuk menjadikan Prodi PWK Unikom sebagai salah satu program studi yang akan melahirkan ahli-ahli yang handal untuk mengatasi berbagai persoalan perencanaan wilayah dan kota, sesuai dengan apa yang telah disepakati dalam berbagai payung hukum.